Wednesday, August 27, 2008

Mengidolakan Muhammad SAW dalam berumah tangga

Muhammad SAW begitu muliyanya beliau, rasakan keberadaan beliau benar-benar penawar hati siapa saja yg mengenalnya, indahnya akhlak budi pekerti beliau dan kejujurannya membuat orang menjulukinya sebagai Al-Amiin (orang yg terpercaya), kepiawaian beliau berdagang atau berbisnis membuat untung yg dihasilkan majikan beliau kala itu Siti Khodijah menjadi berlimpah ruah, pemuda yg sangan tampat dan murah senyum, ramah berbudi luhur dan rendah hati, sangat tawadhu'/rendah hati dan sangat bersahaja.

Dengan kreteria semulia beliau, yang jauh dibandingkan kenyataan yg sangat sulit untuk diceritakan keagungan budinya, beliau menikahi seorang Janda berumur 40 tahun, yaitu siti khodijah dengan mahar yang sangat banyak menurut ukuran sekarang atau jaman dahulu sekalipun, tak mungkin seorang pemuda umur 25 th dan begitu mulia tidak ada gadis cantik yg tidak mau dengannya, bisa dipastikan dengan karakter beliau dan kemulyaan beliau banyak para gadis cantik dan pintar serta lebih baik menurut pandangan manusia biasa yang menginginkan beliau untuk menjadi suaminya, tetapi beliau justru menikahi khodijah yang telaj janda beranak satu barumur 40 th, saya yakin betapa pergulatan yg sangat luar biasa jika menuruti hawa nafsu gejolak seorang pemuda semulia beliau, tetapi beliau mampu menikahi khodijah dg ikhlas dan mantap, entah rahasia apa dibalik Allah menjodohkan belaiu dengan siti khodijah, mungkin karna khodijah mampu menenangkan hati Muhammad SAW nantinya saat gundah dan gelisah dengan selimutnya? entah kehebatan khodijah dalam berbisnis sehingga menopang Muhammad SAW dlm berusaha dll, atau entah kelebihan-kelebihan lain yg diberikan Allah kepada khodijah untuk mendampingi Muhammad SAW.

Memang Rosulullah Adalah Rosul dan Nabi, tetapi pada saat beliau menikah umur 25 th, beliau tidak tau behwa dirinya adalah Rosul dan Nabi, belum diangkat, beliau adalah manusia biasa waktu itu walaupun memang telah ditetapkan sebagai rosul kelak, mungkin Khodijah dijadikan Allah awet muda atau kelebihan lain dalam fisik, tetapi logika hampir kebanyakan orang awam berasumsi Janda umur 40 th dan beranak satu adalah telah lanjut usia yang tak sepadan dengan seorang pemuda gagah dan ganteng semulya Muhammad SAW, tetapi beliau bisa membuktikan kehebatan keserasian sebuah rumah tangga yg harmonis dan sangan bahagia, Beliau Muhammad mampu menserasikan pasangan langit dan bumi menjadi dua pasang yang begitu indah dipandang oleh dunia, subhanallah sungguh kemulyaan yang sulit tertandingi, bisakah kita ikuti beliau? Apalah kita ini dibandingkan beliau Rosulullah SAW, tetapi apasalahnya kita coba mengikuti jejak beliau.

Kita dianjurkan rosul untuk memilih yg sebaya yang sama-sama lajang yang kaya dan baik keturunan, tetapi garis bawah rosul dalam memilih segala tetek bengek alasan adalah dipentingkan dalam hal Agama, artinya ketakwaan, kesholihan dan kesholihahan, Kalau rosul bisa harmonis dengan yang janda sebagai contoh, itu artinya harapan rosul kita bisa harmonis dengan yg sebaya atau yg sama-sama lajang, atau yg sama-sama cakep insya Allah, tetapi kalau bisa seperti rosulullah yg harmonis padahal ada perbedaan yg jauh sekali, itu luar biasa, berarti dia akan bisa juga harmonis dengan yg sebaya. he he

Bekal Apa yang dipunyai beliau dlm berumah tangga?
Jika mencari seorang gadis maka khodijah bukanlah orangnya, jika mencari kekayaan maka rosulullah pada saat itu pun sudah kaya, dan kesuksesan khodijah dlm usaha karna kehebatan Muhammad SAW pula, lalu apa yg membuat beliau begitu hebat menjalankan rumah tangga dengan khodijah? Insya Allah dengan ketakwaan, dengan kesholihan beliau dan kesholihaan khodijah, dan segala kekayaan keagamaan dan pengetahuan yang sangat matang pada diri beliau walau saat itu beliau belum menjadi rosul.

Anda ingin berkeluarga seperti beliau?

Dalam al-qur'an sangat jelas dikatakan bahwa yang baik-baik maka disediakan untuknya yg baik-baik pula, maka jelas ketika kita ingin mengharapkan seseorang yang baik, hanya satu cara kita harus memperbaiki diri kita, jika sudah terlanjur buruk bagaimana? sungguh ampunan Allah sangat luas, semoga Allah mengampuni dosa kita yg lalu dan memperbaikinya karna niat kita untuk mendekati Allah.

فخرج الطبراني من حديث عبد الرحمن بن جبير بن نفير عن أبي فروة شطب أنه أتى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: أرأيت رجلاً عمل الذنوب كلها، ولم يترك حاجة ولا داجة، فهل له من توبة؟ فقال: أسلمت؟ قال: نعم. قال: فافعل الخيرات واترك السيئات، فيجعلها الله لك خيرات كلها. قال: وغدراتي وفجراتي؟ قال: نعم. قال: فما زال يكبر حتى توارى

إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلاً صَالِحاً فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَحِيماً [الفرقان:70].

روى ابن جرير الطبري بإسناده عن أبي ذر رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إني لأعرف آخر أهل النار خروجاً من النار، وآخر أهل النار دخولاً الجنة، قال: يؤتى برجل يوم القيامة، فيقال: نحّوا عنه كبار ذنوبه وسلوه عن صغارها، قال، فيقال له: عملت كذا وكذا قال: فيقول: يارب لقد عملت أشياء ما أراها هاهنا، قال: فضحك رسول الله صلى الله عليه وسلم حتى بدت نواجذه. قال: فيقال له: لك مكان كل سيئة حسنة. وأخرجه مسلم وأحمد.

Ayat al-quran dalam surah Al-Furqon ayat 70 yg diapit dua hadits shohih diatas menerangkan bahwa siapa saja yang bertaubat kepada Allah dan beramal sholih maka baginya Allah mengganti seluruh keburukannya dengan kebaikan sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. kemudian dijabarkan pula oleh rosul dalam kedua hadits yang mengapit ayat tsb.

Adapun yg diganti oleh Allah hal yg buruk dg hal yg baik itu ada dua pendapat :
1. Hal buruk yg lalu didunia di ganti dg hal yg baik didunia pula, misalnya rizkinya yg tadinya haram menjadi halal, insya Allah pasangannya yang tadinya kurang baik diganti dengan baik, sahabatnya yg tadinya jahat diganti dg sahabat yang baik-baik dll.
2. Hal yang buruk didunia yg pernah diperbuat setelah dia taubat nantinya akan diganti Allah dijadikan sebagai amalan timbangan kebaikan.
Imam Thobari RA, memilih pendapat yg pertama yg lebih Rajih.

Maka tak ada kata lain dan usaha lain yg bisa kita lakukan untuk mengikuti Rosulullah SAW kecuali bertaqwa kepada Allah, mencintai Allah dan Rosulullah.

Wallahu a'lamu bishowab
By : Al-faqir. Komarudin Evendi

No comments: