Friday, July 31, 2009

Ada apa dengan saudaraku

Berbagai macam golongan dan pergerakan baik yang berupa madzhab, organisasi, idiologi aqidah, maupun yang mengaku manhaj yang pada dasarnya sama dengan madzhab.

Apa perbedaan madzhab dan manhaj?
Madzhab adalah berasal dari kata dzahaba yang artinya pergi, madzhab berarti tempat pergi atau jalan,  madzhab adalah istilah dari bahasa Arab, yang berarti jalan yang dilalui dan dilewati, sesuatu yang menjadi tujuan seseorang baik konkrit maupun abstrak. Sesuatu dikatakan mazhab bagi seseorang jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya. Menurut para ulama dan ahli agama islam,  yang dinamakan mazhab adalah metode (manhaj) yang dibentuk setelah melalui pemikiran dan penelitian, kemudian orang yang menjalaninya menjadikannya sebagai pedoman yang jelas batasan-batasannya, bagian-bagiannya, dibangun di atas prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah. (wikipedia)

Adapun Manhaj secara bahasa artinya jalan yang jelas (Qamus Al-Muhith). Istilah yang populer di kalangan ahlul ilmi ialah jalan yang akan mengantarkan kepada pengenalan hakekat ilmu melalui kaidah-kaidah umum yang dapat menjaga jalannya akal dan memberi batasan-batasan yang praktis, sehingga dengan itu akan sampai kepada hasil yang dapat diketahui dengan jelas (lihat Manhajul Istidlal, jilid I, halaman 20, oleh Utsman bin Ali Hasan).

Dengan kata lain Manhaj adalah sistem pemahaman dan pengenalan ilmu. Yang dimaksud dengan Manhaj di sini ialah Manhaj sebagai Salafiyyin dalam memahami dan mengamalkan agama ini. Manhaj ini diambil dari para imam ahlul hadits dari kalangan Salafus Shalih dan orang-orang yang mengikuti mereka.
( kutipan dr perpustakaanislam)

Jika kita lihat dari dua istilah yang diambil antara manhaj dan madzhab, maka dapat kita fahami bahwa keduanya tidak ada bedanya.
1. pemahaman yang diambil adalah sama yaitu dari ulama' salaf atau ahlul hadits, para mujtahid adalah para pakar hadits, minimal 600 ribu hadits berikut sanad dan hukum matan, baik riwayah maupun dirayatnya. serta syarat yang lain.
2. Madzhab dan manhaj sama-sama jalan, cara yang diambil dan ditempuh setelah melalui penelitian dll.

Namun anehnya, ada segolongan orang yang menentang dan menuduh madzhab adalah pemecah belah ummat sehingga menjadi terkotak-kotak, disisi lain mereka mengaku sebagai bermanhaj salaf, pertanyaannya, memang madzhab mana yang tidak bermanhaj salaf? keseluruhan ulama yang mendirikan madzhab adalah ulama' salafushalih yang kesemuanya mengikuti manhaj salaf, diakui oleh ulama' ahlussunnah waljama'ah.

Bagi para pengikut madzhab, tidak ada salahnya untuk terus mengamalkan dan bermadzhab, ada pun yg menolak madzhab, secara tidak langsung ataupun langsung, diakui atau tidak sesungguhnya mereka sedang mendirikan madzhab baru, walaupun namanya madzhab campuran, atau madzhab gk jelas, atau madzhab apa lah yang belum tentu teruji.

wallahu a'lamu bishowab.
--
Your Best Regard
www.rindurosul.wordpress.com
http://www.rumahvendi.phpnet.us

No comments: