Wednesday, December 19, 2007

Haji




Pada hari ini berjuta orang telah memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan ibadah haji, datang dari berbagai negara, dari berabagia bangsa, suku, kedudukan, macam-macam kebudayaan, warna kulit, usia anak remaja, setengah baya sampai tua renta yang lumpuh berjalanpun susah, kondisi kesehatan, kekuatan dan berbagai perbedaan lain yang beragam.
Haji adalah ibadah fisik yang membutuhkan kesiapan segala macam, lahir maupun bathin, fisik, mental, dan kekuatan.
Untuk bertoaf tujuh kali minimal yang wajib, mengelilingi ka'bah dengan kondisi berdesakan berjuta orang, harus berlari kecil dari sofa ke marwa sebanyak tujuh kali, harus berjalan dari mina ke muzdalifah karna memang kendaran mobil tak bisa melintas karna banyaknya orang, mobil lbh tidak bisa bergerak karna macet. melempar jumroh dalam kondisi berdesak2 bisa jadi yang paling depan terkena lemparan batu dari orang yang di belakang karna tidak nyampi ke tembok jumroh, ketika kaki terinjak-injak sendal di injak orang, berbagai kuman bercampur menjadi satu, maka tak heran yang sehatpun bisa menjadi sakit ditanah suci, sungguh hanya karna Allahlah layaknya haji dilakukan, dan haji yang baik tak ada balasan apapun selalin syurga.
Kasihan si tua renta yang sehariannya terbaring ditempat tidur, sementara bangun dari tidurnyapun dia merasa capek sekali. Teringat aku pada nenekku yang ingin mengunjungi cucunya berjarang 300 M aku bonceng motor katanya terasa capek sekali setelah pulang ke rumahnya terasa pegal badan karna lonjakan motor, bagaimana kalau dalam kondisi itu orang tuaku naik haji, belum ketika berjalan tertinggal oleh rombongan, tak bisa ngomong arab, seharian mencari rombongan Indonesia(Allahuakbar Walillahilhamd). Aku tak bisa bayangkan Ya Robbi, Tolong perkenankan dan berikan kemampuan dan kemampuan kepada keluarga kami, orang tua hamba untuk menunaikan haji selagi engkau masih memberi kekuatan fisik, kesehatan jasmani rohani.

1 comment:

Putry said...

assalamu alaikum wr wb
saya berkunjung...
tulisannya sangat menyejukkan hati