Monday, December 10, 2007

Golongan Manusia

Patah hati, kecewa, sakit hati gara-gara dihianati oleh sahabat, teman, kekasih, atasan, ataupun orang lain itu sangat menyakitkan, dan itu kebanyakan orang mengalaminya. Hmm entah anda pernah mengalami atau tidak, yang jelas bagi yang sudah pernah mengalami hal tersebut, hendaknya mensyukurinya dengan hati yang lapang :).wah itu bukan perkara mudah, benar sekali itu sangat berat selaki bahkan, dan pilihan paling bagus yang di lakukan rosulullah SAW, ketika dijahati orang lain justru malah membaikinya, golangan itu adalah golongan orang bijak.
ketika ada orang yang baik kepadanya dengan berbagai upaya dia akan membalas kebaikannya itu, bahkan lebih dari yang didapatnya, dia tiada henti menebar kebaikan dimanapun dan kepada siapapun, bahkan kepada orang yang jahat sekalipun, dia berusaha menunjukkan jalan kebenaran kepadanya, hatinya penuh kasih-sayang dan cinta kepada sesama makhluk dan terhadap penciptanya dia takut tunduk dan bertakwa.

Ada golongan yang ke dua adalah orang baik yaitu apa bila ada orang yang jahat kepada dia, atau menyakiti hatinya dan berbuat tidak baik, maka orang tersebut mengembalikannya dengan hal yang serupa, seperti yang diperbuatnya kepada dia. Mukul gantian dipukul, caci dibalas dengan cacian yang sama, dan ketika ada yang berbuat baik kepadanya dia akan berusaha berbuat baik kepadanya membalasnya dengan kebaikan yang serupa, dan kepada orang yang belum di kenalnya yang baru maka dia akan berbuat baik terlebih dahulu.

Yang terahir adalah golongan orang Jahat, penjahat, yang berpenyakit dalam hatinya, golongan ini akan berusaha mengambil untung dari segala yang dia lihat, berfikir segalanya diukur dengan materi, bila ada orang yang baik kepadanya dia akan berbuat baik kembali dengan harapan mendapatkan keuntungan, atau dia justru berbuat jahat padanya, jika ada yang berbuat jahat padanya maka dia akan berusaha membalasnya dengan lebih jahat sejauh kemampuan dia. Bila bertemu kepada yang blm dia ketahui, maka dia akan curiga dan mengincar keuntungan yang bakal dihasilkan darinya. Biasanya orang jahat ini tidak memikirkan orang lain, dia hanya memikirkan dirinya sendiri dan orang yang dia kehendaki saja seperti keluarganya dan temannya yang mendukung kejahatannya. Adakalanya orang yang tahu bahwa dirinya salah dan kejahatannya itu untuk membahagiakan sebagian yang lain, maka dia masih tergolong orang jahat. karna kebaikan tidak bisa diusahakan dengan jalan yang bathil.Wallahua'lam(endyen)

No comments: